11 Plugin WordPress yang Perlu Anda Aktifkan untuk Blog Anda

WordPress merupakan platform blog yang sangat populer. Banyak para webmaster yang menggunakan wordpress sebagai mesin blognya. Ada yang menggunakannnya sekedar sebagai blog personal, adapula yang menggunakannya untuk blog bisnis. Tak hanya blog, wordpress juga bisa kita olah menjadi mesin forum, toko online, web iklan baris, dan sebagainya. Ini karena wordpress miliki fitur yang banyak pilihan. WordPress juga merupakan CMS (Content Management System) yang flexibel, mudah dikostumisasi. Dan yang paling penting, wordpress merupakan CMS yang Open Source: Gratis.

Syahuri dot Com juga menggunakan wordpress. Banyak alasan yang membuat saya lebih memilih ngeblog dengan wordpress daripada yang lain. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa saya juga ngeblog dengan mesin blog yang lain, seperti blogspot.

WordPress Plugins merupakan fitur tambahan yang ada pada wordpress. Jadi, selain fitur utama yang ditawarkan oleh WordPress, kita bisa menambah fitur-fitur lainnya melalui Plugins. WordPress plugin inipun tidak hanya disediakan oleh tim pengembangan wordpress saja, tapi juga banyak kontribusi dari blogger/webmaster lain yang memiliki kemampuan untuk membuat plugin.

Berikut ini adalah 11 plugin yang saya install dan aktifkan di blog saya. Menurutku, plugin-plugin ini cocok untuk kita install dan aktifkan di blog yang baru saja kita buat:

  1. All in One Seo Pack

    Out-of-the-box SEO for your WordPress blog.

    Plugin ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam meningkatkan kualitas blog Anda di mata Search Engine (mesin pencari). Dengan plugin ini, kita bisa mengatur meta tag untuk home page web kita, halaman posting blog kita, halaman page, halaman kategori, halaman tag, dan lain sebagainya. Plugin ini sangat bermanfaat bagi Anda yang serius dalam meng-SEO web Anda.

  2. Akismet

    Setiap penggua wordpress tentu harus mengetahui plugin yang satu ini. Percuma saja anda mengaku pengguna wordpress tapi anda tidak mengenal plugin ini. Plugin ini sangat membantu kita dalam menyaring antara komentar asli ataupun komentar spam. Walaupun masih terdapat beberapa kesalahan, tapi plugin ini sangat ampuh memblok komentar spam. Plugin inilah yang menjadi alasan user mengapa wordpress lebih unggul dari blog engine lain dalam hal penangkal spam.

  3. WordPress Database Backup
    Salah satu saya memilih worpress sebagai mesin blog saya adalah karena plugin yang satu ini. Plugin ini memungkinkan kita untuk menyalin (backup) database postingan, komentar, tag, kategori, dan sebagainya dari blog wordpress kita. Data hasil backup bisa langsung kita download di dashboard, atau bisa juga kita simpan ke email secara berkala. Saya pribadi, “menyuruh” plugin ini untuk mengirim database blog saya ke email saya setiap hari. So, setiap hari di email saya akan ada backup terbaru dari blog saya. Dengan plugin ini, kita tidak perlu khawatir bila suatu saat blog kita mengalami ‘kecelakaan’. Misalnya database lenyap tiba-tiba, atau mungkin web hosting tempat kita meng-host blog kita tiba2 bangrut. Maka, dengan plugin ini, kita akan selalu mendapat salinan dari blog wordpress kita.
  4. Google XML Sitemap Generator for WordPress

    Plugin ini bertugas untuk menciptakan sitemap untuk wordpress kita. Plugin ini juga akan menotifikasi setiap posts update dari blog kita kepada mesin pencari, seperti google, msn, ask, dan yahoo. Untuk melihat contoh sitemap, anda bisa melihat sitemap dari syahuri.com dengan alamat: http://www.syahuri.com/sitemap.xml. Sitemap ini berfungsi untuk mempermudah crawler google saat menjelajahi blog kita. Sitemap ini pula yang akan kita gunakan jika kita menyubmit blog kita ke Google Webmaster Tool.

  5. Do Follow

    The Do Follow plugin removes the nofollow attribute that WordPress adds in comments.

    Plugin ini sangat populer bagi teman2 blogger yang suka mencari backlink gratis via komentar. Blog wordpress yang sudah menginstall dan mengaktifkan plugin Do Follow ini, berarti sudah mempersilakan para komentator untuk mendapat backlink gratis dari blog tersebut. Misalnya saja Syahuri dot Com yang sudah menginstall plugin ini, itu artinya, setiap kali Anda sudah berkomentar di Syahuri.com anda akan mendapatkan backlink gratis dari syahuri.com. Sengaja atau tidak sengaja, blog yang sudah menginstall dan mengaktifkan plugin ini berarti sudah mendukung Gerakan You Comment I Follow.

  6. CommentLuv

    Plugin to show a link to the last post from the commenters blog in their comment.

    CommentLuv juga merupakan plugin yang memungkinkan blog anda memotivasi pengunjung untuk berkomentar. Sebab, dengan menginstall dan mengaktifkan plugin CommentLuv ini di blog anda, pengunjung yang berkomentar di artikel anda dengan meninggalkan alamat blognya, maka komentator tersebut akan mendapatkan promosi gratis artikel terbarunya di kolom komentar. Sangat cocok untuk blogger yang ingin meningkatkan nilai persahabatan dan komunitas antar blogger.

  7. Contact Form 7

    Plugin ini akan menambah fasilitas ‘contact me’ atau ‘contact us’ di blog wordpress kita. Dengan plugin ini, jika ada pengunjung yang ingin mengirim email kepada kita sang pemilik blog, dia tidak perlu repot-repot untuk log in ke emailnya untuk mengirim email kepada kita. Tapi cukup dengan landing ke halaman contact form yang kita sediakan dan dia bisa dengan instant mengirim pesan kepada kita. Sebagai contoh, silakan lihat di halaman Contact. So, melalui halaman itu, anda bisa mengirim pesan kepada saya tanpa harus log in ke email Anda.

  8. Subscribe To Comments

    Plugin ini juga berguna untuk memudahkan follow up komunikasi antara pemilik blog dengan pengunjung. Plugin ini membuat para komentator bisa mengikuti diskusi dari artikel tertentu. Misalnya saja, anda suka dengan artikel yang sedang anda baca ini dan ingin mendapat notifikasi setiap ada yang berkomentar di artikel ini, maka anda bisa mengklik tanda check list yang ada di dekat tombol submit comment.

  9. FeedBurner FeedSmith

    this plugin detects all ways to access your original WordPress feeds and redirects them to your FeedBurner feed so you can track every possible subscriber.

    Plugin ini berfungsi untuk mengarahkan RSS Feed wordpress kita ke feedburner.

  10. Yet Another Related Posts Plugin

    Returns a list of the related entries based on a unique algorithm using titles, post bodies, tags, and categories

    Plugin ini akan membantu kita untuk meningkatkan jumlah page view (halaman yang dilihat) oleh pengunjung blog kita. Plugin ini bekerja dengan menampilkan artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung. Misalnya saja di Syahuri.com, tepatnya artikel yang sedang anda baca ini, di bagian bawah artikel ini akan terlihat related post, artinya artikel ini ada kaitannya dengan artikel2 yang tersebut di related post tersebut. Namun jika artikel ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan artikel syahuri.com lainnya, maka plugin ini tidak akan memaksakan diri untuk menampilkan related post. he he he.

  11. Zemanta

    Contextually relevant suggestions of links, pictures, related content and tags will make your blogging fun again

    Salah satu plugin yang sangat luar biasa fungsinya adalah Zemanta. Plugin ini akan membantu kita untuk menautkan link di halaman artikel, memberikan tag rekomendasi, dan gambar yang sekiranya ada kaitan dengan artikel yang sedang kita buat. Zemanta juga akan membantu pengunjung blog kita untuk mempublikasikan ulang artikel di blog kita. Yaitu dengan mengklik tombol reblog

Dimana Anda bisa mendapatkan plugin-plugin itu? halah… hari gini masih tanya yang begituan. he he he… dari dashboard wordpress juga bisa.

Bagaimana dengan Anda? Apakah anda juga pengguna plugin2 itu? Adakah plugin yang anda rekomendasikan untuk saya dan juga pengunjung blog ini lainnya?

Reblog this post [with Zemanta]

44 thoughts on “11 Plugin WordPress yang Perlu Anda Aktifkan untuk Blog Anda

  1. wah top banget infonya mas, ada beberapa yang udah saya pasang di blog saya, yang belum dapet infonya disini segera dipasang mas thanks infonya

  2. hohoho mantap bro hehehe salam kenal ya bro ada plugin supaya ga bisa dicopas gt ya bro tau caranya ga bro?
    .-= Juliawan´s last blog ..Tata Cara Mencontreng Pemilu Presiden 2009 =-.

  3. @Juliawan: lam kenal juga 🙂 . Untuk anti copas, keywordnya: no right click atau disable right click.
    Kalo pluginnya ada sih bro, tp aku dah lupa namanya.

Comments are closed.