Alasan dan Manfaat nge-Blog

Blog lagi blog lagi. Yang aku fokuskan beberapa bulan ini adalah blog. Blog yang membuat aku bolak-balik warnet, blog pula yang membuat aku rajin belajar css dan html. Blog telah membuat hidupku berubah.

Blog…oh…blog, benar-benar menyita waktuku. Saking senangnya nge-blog, aku sering ngajak temen-temen yang belum punya blog untuk segera membuat dan mengisi blog mereka. Ada beberapa yang terpengaruh dan mulai nge-blog. Adapula yang anggap remeh dan not responding. Adapula yang bilang “kayak ga ada kerjaan aja..!”.

Kali ini saya mau menulis alasan-alasan nge-blog yang saya kumpul dari berbagai sumber dan pengalaman. Alasan-alasan nge-blog ini juga ada yang merangkap sebagai manfaat dari nge-blog. Ini dia:

  • Cari Informasi, Tutorial; Setiap blog-blog yang ada di seluruh jagad internet memiliki content (isi) yang berbeda-beda. Dan ini membuat kita (pembaca) semakin memperkaya informasi yang kita miliki.
  • Merangsang otak; Pertimbangan memilih template atau tampilan blog kita tidaklah mudah. Butuh beberapa kali modifikasi, pemilihan warna, background, font, dan lain sebagainya hingga kita dapat memutuskan bahwa “inilah desain terbaik blogku”.
  • Belajar nulis; ini juga termasuk alasan yang kuat untuk menjadi blogger. Dengan memiliki blog, kita dapat melatih kemampuan menulis kita. Bila kita tidak pede tulisan kita dimuat di media cetak, atau media cetak yang tidak menerima tulisan kita, maka blog lah yang akan menerbitkannya.
  • Ekspresi diri; Punya bakat fotografi, nulis cerpen, puisi, novel, dll? Ekspresikan di blog! maka bakat itupun akan terekspresikan dengan indahnya. Sudah banyak para penulis yang mempublish cerpen/tulisan2 karya mereka di blog. Kapan giliran anda, wahai orang yang berbakat?!
  • Arsip tulisan; ini juga tak kalah pentingnya. buat sobat yang produktif menulis, sangatlah tidak bijak bila hanya mengarsipnya di bundelan kertas yang tidak aman dari api atau air. Menyimpannya di komputerpun tidak lebih aman daripada menyimpannya ke dalam blog. Bagaimana kalau suatu saat komputer sobat terserang virus ganas yang mengakibatkan semua arsip itu hilang terhapus. Atau komputer sobat hilang di curi maling. Maka dengan meng-arsipnya ke dalam blog akan menciptakan rasa aman yang luar biasa. apalagi kita mengarsipnya ke dalam lebih dari satu blog. Aman!
  • Diari; hampir sama dengan point di atas. Buat yang suka nulis diari, penyimpanan diari di dunia nyata masih memiliki kemungkinan basah, terbakar, atau hilang. maka akan lebih aman jika menyimpannya di dalam blog pribadi. Apalagi yang suka narsis. insyaAllah diari sobat ntar banyak yang baca!
  • Interaksi sosial/pergaulan/rajut ukhuwah; Ini sudah sangat jelas. Dengan saling kunjung-mengunjungi antara blog satu dengan blog lainnya dan saling memberi komentar terhadap blog ataupun isi blog, akan tercipta pertemanan diantara blogger.
  • Promosi Produk (Advertiser); buat sobat yang memiliki produk siap jual, blog merupakan sarana iklan yang sangat bagus dan luas tak terbatas.
  • Menjadi Publisher; Dengan nge-blog kita juga bisa menambah ’uang jajan’ dengan menjadi publisher, yaitu blogger yang rela blognya ditumpangi iklan-iklan. Sudah sangat banyak situs internet yang membuka lowongan bagi para blogger untuk menjadi publisher/pengiklan. Mereka (pemilik iklan) melalukan ini melalui suatu Company, misalnya Google Adsense. Nah, Company akan mendapat jatah dari pemilik iklan. Jatah itu akan dibagikan kepada kita (publisher/pemilik blog) ketika ada yang meng-klik iklan itu.
  • Berbagi foto, musik, video, file, software, dll. Yang suka koleksi foto pemandangan alam yang bagus, foto-foto lucu, foto kejadian aneh, dan foto-foto lainnya juga bisa di publish di blog. Atau yang punya mp3 terbaru, langka/legendaris, ayo publish ke blog, sapa tau ada yang mau download. Buat yang punya video lucu/unik/mengerikan juga bisa di publish ke blog. Atau bagi sobat yang suka koleksi file-file bagus yang layak publish, misalnya file flash, pdf (ebook), chm (ebook), juga bisa di taruh di blog. Hmm, ada yang punya aplikasi bagus? Keren? Langka? Berguna? Ayo! Bagi kepada yang membutuhkan melalui blog. Kalo bisa mah sekalian dengan tutorial cara pemakaiannya! Terserah. Boleh aplikasi komputer, hp, atau pda. Tapi tetep jaga etika. Ingat! Hukum Allah tak hanya berlaku di dunia nyata saja. Hukum Allah masih tetap berlaku dimanapun dan kapanpun.
  • Berbagi pengalaman; hampir sama dengan diari online. atau bahkan sama persis. buat sobat yang punya pengalaman baik atau buruk terhadap bencana alam, komputer, hp, blogging, memasak, climbing, camping, dll, ceritakanlah di blog! Niscaya akan bermanfaat bagi sobat yang lain.
  • Ada yang mau menambahkan?

    5 thoughts on “Alasan dan Manfaat nge-Blog

    1. Wah sepertinya apa yang menjadi tujuan dari orang ngebog sudah teramu semua. saya hanya mendukung dan membenarkan saja apa yang menjadi pendapat mas syahur akan komunitas blog.
      salam

      yoogya
      http://www.yoogya.com

    2. Tujuan ngebuat blognya memang terjawab..dan positif semua…hehehe..harusnya dikasih tau nih buat yang mandang blogging sebelah mata.

      Mungkin yang belum termasuk, walaupun bisa dimasukkan ke dalam pilihan ekspresi diri itu KATARSIS…kurang lebih "obat" untuk diri sendiri dengan cara menyalurkan ke luar apa yang ada di pikiran kita.

      salam kenal

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *