Apa itu RSS / Feed / Atom?

Sebelum mengetahui pasti definisi RSS, saya sudah lebih dulu menikmati fitur RSS ini. Saya menikmatinya begitu saja tanpa mengetahui definisi pastinya. Sebelum Anda mengetahui definisi RSS dari blog ini, saya ingin sedikit sharing beberapa point tentang RSS:

  • Saya bisa mendapat berita terbaru secara cepat dan praktis dari berbagai (sangat banyak) portal berita/blog hanya dengan satu jendela browser.
  • Saya membaca RSS melalui Google Reader.


Coba Anda perhatikan point 1:

Saya bisa mendapat berita terbaru secara cepat dan praktis dari berbagai (sangat banyak) portal berita/blog hanya dengan satu jendela browser.

Yapz… begitulah manfaat RSS. Anda bisa mendapat update dari detik.com, kompas.com, cnn, google news, serambinews, atau blog favorit Anda, atau RATUSAN web lainnya tanpa harus mengunjungi web-web tersebut satu persatu dengan bejibun jendela browser.

Misalnya begini: jika setiap pagi Anda ingin mengunjungi 30 web berita. Anda tidak perlu membuka semua web tesebut secara susah payah! Cukup gunakan RSS, maka Anda bisa membaca semua berita yang ada di semua web favorit Anda tanpa harus kelelahan membuka dan menutup browser Anda.

Oke…oke… saya kutib dari Wikipedia aja yach:

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telahdigunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol: Rich Site Summary, RDF Site Summary, Really Simple Syndication.

Jadi, kita bisa berlangganan RSS dari banyak web, dan membaca update dari web tersebut melalui RSS. Membaca RSS inipun bisa dengan berbagai fasilitas. Fasilitas pembaca RSS ini disebut RSS Reader.

Saya membaca RSS melalui Google Reader.

Yapz.. salah satu RSS Reader populer dan masih saya pakai sampai sekarang adalah Google Reader. Dengan Google Reader lah saya membaca tulisan terbari dari web berita dan blog-blog favorit saya setiap hari. Bahkan dengan google reader versi mobile, saya bisa mengecek update berita ‘dunia’ terbaru di internet melalui hp saya setiap jam, atau setiap kapan saja saya inginkan.

Jadi, jika saya ingin mengetahui apakah di suatu web sudah ada update terbaru, saya tidak perlu mengunjungi web tersebut berkali-kali, tapi cukup cek saja di google reader saja. he he he…

Tapi bro n sis! Tidak semua web menyediakan RSS mereka secara full. Terkadang mereka (si pemilik web/blog) menyetting RSS mereka hanya tampilkan sebagian dari sepenuhnya. Misalnya mereka punya artikel 2000 karakter, maka mereka cuma nampilin di RSS 500 atau 300 karakter. So, jika mau baca secara full, kayaknya musti kunjungin langsung juga ke tuh web.

Tapi jangan kuatir bro! jika Anda membaca RSS blog ini. Karena RSS blog ini saya set supaya FULL, tidak terpotong. Jangan lupa berlangganan yach! nih alamat RSS saya:

http://syahuri.com/?feed=rss2

by the way bus way on the way, apa pula itu feed, dan atom? he he he… kayaknya sama aja deh dengan RSS, cuma penyebutannya aja yang beda. malah ada yang menyebutkan XML. so, enjoy aja deh…

39 thoughts on “Apa itu RSS / Feed / Atom?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *