Cara Menghapus Tags WordPress Secara Massal

wordpresssyahuri.com – Bila blog anda terdapat ribuan atau ratusan ribu tags dan punya niat untuk menghapusnya, ada beberapa cara yang bisa anda tempuh.

Cara pertama adalah dengan menghapus manual melalui halaman edit tags wordpress. Anda bisa menuju halaman itu melalui Dashboard > Posts > Post Tags. Atau bisa juga melalui link berikut: http://DOMAINBLOGANDA.com/http:/wp-admin/edit-tags.php?taxonomy=post_tag. Pada halaman itu anda bisa menghapus tag tag blog anda 20 tag per halaman. Maksudnya, dalam 1 halaman edit tags terdapat 20 tags. Kalau di blog anda cuma terdapat 40 tags, maka anda hanya perlu menghapus tags 2 halaman atau 2 kali hapus. Tapi kalo anda punya 10.000 (baca: sepuluh ribu tags), anda harus menghapus tags sebanyak 500 halaman = 500 kali. Itu sama saya anda menguras tenaga setara dengan lari di pegunungan terik padang pasir siang hari tanpa minuman selama 2 jam. Hahahah, agak lebay sih.

Cara kedua adalah dengan menggunakan bantuan plugin wordpress. Anda hanya perlu mencarinya di direktori plugin wordpress dengan kata kunci mass tag delete atau bulk tags delete atau dengan kata kunci serupa lainnya. Cara kedua ini sedikit lebih cerdas daripada cara pertama.

Cara ketiga adalah dengan menghapus tags melalui phpMyAdmin. Tepatnya dengan melakukan panggilan querymysql di table wordpress anda, maka semua tags akan terhapus, termasuk categories! Ya…benar. Jika anda menggunakan cara ini untuk menghapus seluruh tags yang ada di blog anda, itu artinya anda juga siap kehilangan semua kategori yang ada di blog anda. Artinya, saya tidak menyarankan anda menggunakan cara ini jika di blog anda terdapat banyak kategori penting yang sudah anda susun rapi. Selengkapnya lihat disini: SQL query to delete all tags.

Cara keempat adalah cara syahuri, hehehe. Cara ini saya temukan iseng aja. Cara ini adalah improvisasi dari cara yang pertama. Jika default mesin wordpress di halama edit tags terdapat 20 tags per halaman, maka dengan cara ini saya bisa merubahnya menjadi lebih dari 20 tags per halaman. Bisa jadi 300, 900, atau 10000. Hanya saja terkadang webhosting kita tidak mendukung untuk melakukannya terlalu banyak. Misal, saya hanya menggunakan 300 tags saja per halaman. Caranya sangat mudah:

Masuk ke CPanel webhosting anda dan buka File Manager. Buka file /public_html/YOURDOMAIN.com/wp-admin/edit-tags.php dan lihat pada baris ke 260-261:

if ( empty($tags_per_page) || $tags_per_page < 1 )
$tags_per_page = 20;

Ganti angka 20 dengan angka yang anda inginkan. Misalnya 300, 500, dan sebagainya sesuai dengan kekuatan webhosting anda. Lalu save file tersebut dan kembali ke admin wordpress anda.
Maka anda akan dapati jumlah tags yang ditampilan wordpress admin tak hanya 20, tapi juga angka yang sudah anda tentukan.

Gitu doang. Gampang banget kan! Keep blogging!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *