Cara Setting GPRS/MMS di HP

Fenomena internet mobile kini makin booming saja. Pertanyaan seputar cara setting gprs semakin ramai ditanyakan. Kata kunci setting gprspun bertebaran di mesin pencari seperti Google ataupun Yahoo.

Jika melihat faktanya, memang semenjak kehadiran opera mini, browser untuk handphone itu, seakan telah merubah persepsi pengguna handphone bahwa mengakses internet itu sulit. Saya pribadi mulai aktif menggunakan Opera Mini sejak sekitar Oktober 2007 lalu. Hingga sekarangpun masih menjadi salah seorang yang meramaikan maniak internet mobile, khususnya pengguna OperaMini.

Tak hanya browsing, internet mobile juga diramaikan dengan fasilitas chatting. Yapz… sudah sangat banyak aplikasi chatting yang dapat kita download dan kita install di hp kita. Seperti YMTiny, Nimbuzz, Mig33, dan sebagainya.

Pengamatan saya juga, semenjak 2009 ini, operator selular di Indonesia sudah mulai memperhatikan biaya GPRS. Misalnya saja dalam iklannya sudah memuat harga gprs. Ini merupakan suatu kemajuan yang luar biasa. Dan inilah yang saya tunggu dari dulu, yaitu operator selular berlomba-lomba memurahkan biaya gprs. Wow!

Cape deh… kebanyakan basa-basi ya saya? oke… langsung saja deh… cara setting gprs untuk handpone Anda:

  • Pastikan handphone anda sudah support dengan fitur GPRS. ya iya lah… masak mau main gprs tapi handphone-nya gak bisa gprs!
  • Jika HP Anda ber-Operating Symbian, silakan cari Aplikasi bernama Setting Wizard. Saran saya, coba cari melalui GetJar.com
  • Install aplikasi tersebut dan jalankan. Tak perlu mikir caranya gimana. Anda cukup mengeksekusi aplikasi tersebut maka aplikasi tersebut akan tahu tipe handphone anda dan akan tahu operator selular yang anda pakai.
  • Jika HP anda berplatform Java, silakan cari di GetJar.Com aplikasi yang cocok dengan hp anda. Kata kuncinya adalah “gprs”.

Nah, itu baru dari segi HP bro. Kalo dari segi operator selular lain lagi. Menurut pengalaman saya. Ada beberapa operator selular yang langsung mengaktifkan otomatis gprs kita saat kita beli kartu perdana. Namun adapula operator selular yang mengharuskan kita melakukan aktivasi gprs agar fitur gprs bisa kita gunakan.
Agak susah sih cara ngejelasinnya. Karena tentu tiap handphone akan beda pula cara setting gprsnya. Tapi yang jelas, inti atau core dari setting gprs adalah:

  1. GPRS Telkomsel:

    Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan gprs telkomsel Anda, silakan klik link dibawah ini:

    Setting GPRS Telkomsel.

    Pada halaman itu Anda akan bisa melihat settingan gprs untuk hp anda. misalnya nokia, se (sony ericsson), dan sebagainya.

  2. GPRS Indosat:

    klik: Indosat GPRS. Berlaku untuk produk indosat seperti im3 gprs, starone, dan lain-lain. Kita juga bisa memilih time base (tarif gprs berdasarkan waktu berapa lama (durasi) kita menggunakan gprs), atau bisa juga volume based (tarif yang didasarkan berapa kapasitas yang kita download).

  3. XL GPRS:

    klik: XL GPRS.

Selengkapnya, klik disini. he he he…

image credit: http://www.mobilecomputermag.co.uk/images/stories/features/2007/07/mobile-internet/main-illo.jpg

2 thoughts on “Cara Setting GPRS/MMS di HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *