Email Yang Menggetarkan Hati

Beberapa hari yang lalu ada email masuk yang sangat membuat saya gelisah. Email itu datangnya dari Tim Google Adsense dengan subject “Google AdSense Policy Enforcement”.

Email itu memberitahukan bahwa salah satu blog saya terdeteksi telah merubah kode Google AdSense dan itu merupakan pelanggaran.
Untungnya email itu tidak memberitakan bahwa akun google adsense saya di banned atau dipecat, tapi hanya sekedar penegasan tentang larangan merubah kode adsense, serta penonaktifan iklan google yang akan tampil di blog yang dimaksud.

Blog yang dimaksudkan oleh google adsense untungnya hanya blog dummy saya di googlepages. Jadi, blog yang tersebutlah saja yang hanya dinonaktifkan iklan google tampil disitu.

Entah suatu kebetulan atau memang rezeki saya, sehari sebelum email itu masuk, saya sudah memutuskan untuk menghapus semua iklan google adsense di blog berbahasa indonesia saya. he he he.. terima kasih Allah!

Kemarin saya sempat blog walking dengan opera mini, saya membaca tulisan beberapa blogger yang mengungkapkan bahwa mereka juga mengalami hal yang sama, yaitu teguran dari tim google adsense tentang larangan merubah kode google adsense.

Sebenernya hampir semua blogger, atau bahkan semua blogger sudah mengetahui tentang kebijakan pihak google adsense tentang laranga merubah kode adsense. Tapi masih saja ada blogger/webmaster yang nekat merubah kode adsense tersebut. Tujuannya sih biar iklan google bisa tampil di blog berbahasa indonesia, he he he. Sebab, kode adsense normal (default) jika mentah-mentah kita tempelkan di blog yang mayoritas isinya berbahasa indonesia, maka iklan google tersebut tidak akan tampil. Yang tampil hanyalah iklan layanan masyarakat yang tidak menghasilkan apapun saat user meng-klik iklan tersebut. Alhasil, merubah kode adsense demi terbitnya iklan ‘berharga’ adalah solusi bagi blogger matre (seperti saya), he he he…

Padahal sejak pertama kali tim google adsense meng-‘anti-kan’ blog berbahasa indonesia menampilkan iklan google adsense, dan sejak beredarnya trik merubah kode adsense tersebut, sudah banyak para blogger yang sudah sangat berpengalaman tentang google adsense memberikan peringatan kepada kita untuk tetap mengikuti aturan google, salah satunya mas Cosa Aranda yang menulis hal ini di blognya yang berjudul “Haruskan Diingatkan“.

Namun ya itu tadi, masih banyak blogger yang nekat, atau memang tidak tahu, atau tidak mau tahu tentang larangan ini, tetep saya merubah kode google adsense.
Dan kini, google mengirim email kepada seluruh ‘tersangka’ secara massal untuk mengingatkan para pelanggar dengan menonaktifkan iklan google tampil pada blog yang bersangkutan.

So, bagi temen-temen yang masih memasang iklan google dengan merubah kode adsensenya, lebih baik SEGERA mencabut iklan google tersebut, atau tetap memasang iklan tersebut dengan menggunakan kode asli iklan google adsense, ATAU tetap menuggu peringatan dari tim google adsense. 😉

19 thoughts on “Email Yang Menggetarkan Hati

  1. untung saya belum pernah mengalaminya

    kadi’s last blog post..nyari duit dari affiliasi web hosting

  2. Biarpun baru belasan dolar setelah 2 taonan maen Adsense, tapi saya gak minat tuh ngerubah kodenya. Untuk cuma di jewer sama Adsense, kalo sampe di keluarkan dari sekolahan kan nelangsa mas hehe… 🙂

    Guru Nakal’s last blog post..Maafkan Aku

  3. infonya bermanfaat bossss,….thanks

    mrpall’s last blog post..saat yang indah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *