HP Android Boros Pulsa? Inilah Cara Hemat Pulsa Android!

HP Android Boros Pulsa?

Benarkah HP android boros pulsa? Menyesalkah kita membeli hp android ketika di hari pertama kita menggunakannya saja sudah menyedot puluhan bahkan ratusan ribu rupiah pulsa kita? Atau mungkin ada trik yang bisa kita gunakan untuk menghindari ‘penyedotan pulsa’ si robot ijo?

Dihari pertama kita menggunakan HP Android, kita tentunya senang dan terkagum-kagum dengan kemampuan hp tersebut. Bahkan mungkin kita juga sudah tidak sabar ingin segera menikmati berbagai fitur dan jutaan aplikasi yang disediakan untuk hp android. Hanya saja, kita juga harus menerima kenyataan bahwa android merupakan hp yang membutuhkan koneksi internet 24 jam. Android tanpa internet hanya akan membuat android tersebut seakan kehilangan identitasnya, hehehe. Tapi, bukan berarti kita harus rela android kita menyedot pulsa kita seenaknya.

Sebagai pengguna android, saya beberapa kali di telepon temen yang baru menjadi korban saya dan mengeluh tentang android. Hah? korban? haha. Maksudnya, ada beberapa teman saya yang terpengaruh oleh saya karena tergiur dengan android dan malah terjerumus ikut membeli hp android. Alhasil, di hari pertama mereka (dan saya juga :D) menggunakan android, selain kagum dengan fiturnya, mereka juga mengeluh tentang dua hal: yang pertama baterai, dan yang kedua pulsa. Tentang android boros baterai, saya pernah membahas tentang hal tersebut di blog syahuri.com ini. Anda bisa membacanya di arsip artikel syahuri.com berjudul “Android Boros Baterai? Inilah Penyebabnya!“.

Nah, di tulisan saya kali ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman cara menghemat pulsa pada hp android. Bukan cuma ‘korban’ saya, saya juga termasuk orang yang mengeluh dengan borosnya pulsa android. Namun setelah belajar dari berbagai pengalaman, kita bisa “menyelamatkan” pulsa kita dari sedotan hp android.

Cara Hemat Pulsa Android

Ada beberapa trik yang bisa kita lakukan agar hp android kita bisa hemat pulsa.

1. beli paket internet unlimited. nah kalo ini tergantung dari operator seluler masing-masing. silakan tanyakan di call center operator seluler anda tentang paket internet yang mereka sediakan. atau anda juga bisa kunjungi website mereka untuk mencari informasi terkait.

2. matikan fitur mobile data. Di HP android, kita bisa dengan bebas menonaktifkan atau mengaktifkan fitur mobile data seperti 3G/GPRS/HSDPA dsb. Caranyapun cukup mudah. Cukup masuk ke Setting > Wireless & Network > Mobile Networks > hilangkan centang pada Data enable. Untuk Opsi tambahan, coba turunkan scroll ke bawah, anda akan melihat pilihan “use only 2G networks“. Jika anda mengaktifkannya, artinya yang hidup hanya sinyal 2G saja (HSDPA, GPRS, EDGE), alias 3G tidak hidup.

3. padamkan sinkronisasi otomatis. bukan android namanya kalo ketika pertama kali hp anda dihidupkan, dia tidak meminta data login Google Account anda, terutama gmail. Untuk menjaga agar kita selalu mendapat update dari gmail di device android kita, google secara default mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Artinya, dengan frekuensi waktu tertentu, android akan melakukan sinkronisasi otomatis ke akun google kita. Dan ini akan menyedot pulsa. Terlebih lagi jika kita sudah menambahkan akun2 lain untuk disinkron, seperti twitter, facebook, dan lain-lain. Maka penyedotan pulsapun akan berjalan dengan amat derasnya :p. Cara memadamkannya adalah dengan masuk ke setting >accounts & sync > jangan centang Auto-sync.

4. waspadai aplikasi online. terkadang ada game atau aplikasi yang kita instal membutuhkan koneksi internet. misalnya seperti aplikasi google maps, twitter, facebook, dan lain-lain. perhatikan dibagian setting aplikasi tersebut. apabila ada pilihan untuk mematikan fitur notifikasi otomatis, maka pergunakanlah sebaik mungkin. misalnya pada aplikasi twitter for android; ada pilihan pengaturan interval waktu untuk notifikasi ada twit atau metion baru. artinya selama interval waktu itu, aplikasi tersebut akan menggunakan internet untuk memeriksa notifikasi untuk kita. dan ini tentu menggunakan pulsa internet. so, pinter-pinter kita aja setting interval alert atau memadamkannya, okey…!

5. manfaatkan wi-fi. jika anda sedang berada di zona free wife, eh… maksud saya free wi-fi (hehe…), manfaatkan dengan sebaik-baiknya. padamkan mobile data (trik no. 2), dan aktifkan fitur wifi yang ada di device android kita. menggunakan wifi untuk keperluan auto-sync, download aplikasi di market, fesbukan, twitteran, dan aktifitas internet lainnya tidak akan menyedot pulsa.

Lalu, bagaimana dengan anda? adakah trik lain yang anda gunakan untuk menghemat pulsa hp android?

25 thoughts on “HP Android Boros Pulsa? Inilah Cara Hemat Pulsa Android!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *