International Conference on Regional Networking

Acara: Seminar Internasional / International Conference
Tempat: Indonesia, Nangroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, Darussalam, Universitas Syiah Kuala, AAC Dayan Dawood
Waktu: 26, 27, 28 Oktober 2008
Tema: “Pembangunan Ekonomi Regional Melalui Kemitraan Antar Negara untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menegah dalam Kawasan IMT-GT” / “Regional Economic Development Througt Networking: Role of Small and Medium Enterprises (SMEs)
Event Organizer: Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Ketua Panitia: Dr. Iskandarsyah Madjid, S.E., M.M.
Peserta: 3 Universitas: Universitas Syiah Kuala (tuan rumah), Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Universitas Bengkulu.

Aku termasuk panitia dalam acara itu. Panitia secara mendadak he he he.. Kebetulan saat panitia inti lagi nyusun proposal acara, saya hadir di ruangan itu dan turut membantu nyusun proposal. Cuma tukang ketik doang sih. Pake microsoft excel 2007, He he he… Ingat betul tuh malem itu. rencana mau pulang dari kampus sore, eh malah kemaleman karena ngikut nyusun proposal acara.
Setelah selesai nyusun proposal, saya vakum jadi panitia karena memang masih belum dibutuhkan. Setelah beberapa waktu kemudian baru dipanggil lagi buat desain spanduk, baliho, poster, iklan di koran, undangan acara pembukaan seremonial, badge panitia, dan lain-lain. Kalo di SK Panitia sih saya termasuk di divisi kesekretariatan. Tapi secara operasional saya juga kerja di divisi Publikasi dan Dokumentasi.

Karena gabung di kepanitiaan acara ini, saya jadi dapet ilmu banyak tentang dunia desain, khususnya corel draw. Karena gabung di kepanitiaan ini karya desain saya sebagai newbie bisa terpublikasikan lewat beberapa spanduk ukuran 6×1 meter, trus baliho ukuran 10×6 meter, iklan di harian serambi ukuran 13×16 cm, dan lain-lain.

Banyak banget pengalaman baru yang saya dapati saat tergabung dalam tim kepanitiaan. Termasuk pengalaman tidak tidur hampir 2 (dua) hari nonstop karena ngeprint sertifikat, he he he…
Banyak pula teman baru saat saya ikut nimbrung dalam kepanitiaan ini. Bahkan saya sudah dikenal dan mengenal beberapa dosen yang sebelumnya belum saya kenal.
Saya juga jadi merasakan bisa bercakap-cakap dengan awak malaisie nyo… awak tak pandai nya berbahase malaisiye.
Ada kesenangan tersendiri juga saat karya saya terpakai untuk acara yang saya anggap internasional ini, diantaranya sertifikat, baliho, spanduk, dll. Alhamdulillah.

Sebelum mencapai hari H saya dan panitia lain memang udah kecapean. Namun lebih cape lagi saat tiba hari H. Yaitu saat seakan dikejar waktu untuk mengeprint sertifikat. SAmpe gak tidur saya bro! Nge print sertifikat dari sore ampe sore (bahkan malam) lagi. Malah printernya terkadang ngulah lagi, belum lagi kehabisan kertas, dan masalah-masalah lain! But, ini benar-benar mengasikkan dan menambah pengalaman yang sangat berarti.

Oke, saya akan cerita dikit tentang hari H dari acara ini.

Acara berlangsung selama 3 hari.
Hari pertama dimulai pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Malam itu merupakan malam pembukaan yang dimulai dengan jamuan makan malam.

Hari kedua dimulai dari pagi hari. Acara pada hari kedua ini adalah pameran produk local aceh dan juga ada beberapa produk malaysia. Namun pameran bukanlah acara inti! Karena acara intinya adalah Seminar Internasional / International Conference. Banyak banget seminarnya bro! dari pagi ampe sore, ada 3 ruangan dalam satu. Namun tidak satupun seminar yang sempat saya ikuti. Maklum, saya bagian kesekretariatan. Ada aja tuh yang musti saya print di meja kesek. Mulai dari makalah pemateri, badge panitia, dan lain-lain.
Pameran dan seminar hari ini berakhir pada sore hari. Namun saya dan beberapa panitia tidak tidur bro! Kami (khususnya saya, bang hendra, bang Bibi, bang Indra, bang Boy) tidak tidur karena sibuk nge print sertifikat yang akan dibagikan besok! Kami mulai nge print malam itu hingga jam 7 pagi, itupun yang terprint baru sebagian!

Hari ketiga dimulai pagi hari juga. yaitu seminar dan pameran hingga sore. Saya pribadi setelah selesai nge print sertifikat kemarin (sampe jam 7), pulang bentar, trus mandi, minum kopi dan makan beberapa potong roti, langsung berangkat lagi ke TKP buat nge print sertifikat lagi. Yapz…belum sempat tidur walopun 1 menit. Sampe di TKP, orang-orang udah pada rame tuh, soalnya ada pameran juga hari ini. Hari ini pameran lebih rame dari hari kemarin. Sementara seminar saya kurang tahu juga tuh. Tapi sepertinya makin berkurang deh, he he he…

Saya dan beberapa panitia kesek masih gak sempat ikutan seminar! tapi masih sibuk menghabiskan sisa sertifikat yang belum kami print. Seminar dan pameran hari ke tiga ini berakhir sore hari. Sementara malamnya ada acara penutupan dan pentas seni. Banyak seniman yang tampil malam itu, termasuk Tim Sanggar Seni Cut Nyak Dhien dengan berbagai tarian daerah aceh, rapa-i.

Pak dekan dan rektor sempat tampil juga untuk nyanyi di panggung. ya.. dekan dari 3 fakultas: Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, fakulti bisnis ekonomi universiti kebangsaan malaysia, dan dekan fakultas ekonomi bengkulu.

Oke, sekian aja laporan dari acara international conference ini. Kalo ada manfaat ya syukur Alhamdulillah. Kalo tidak ya tidak apa-apa, he he he…

Reblog this post [with Zemanta]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *