Membaca PDF di HP dengan PDF+

Saat awal Ramadhan lalu, kira-kira hari ke dua Ramadhan, sempat baca di salah satu majalah komersil “*ul*sa” tentang sebuah aplikasi hp ber-OS Symbian yang berfungsi sebagai pembaca file PDF. Dalam tulisan tersebut, redaksi majalah tersebut memfokuskan pembahasan aplikasi itu pada bahasan tentang membaca Al-Qura’an via hp (handphone). Lebih tepatnya lagi membaca Al Qur’an yang berformat *.pdf. Setelah saya baca secara teliti, ternyata artikel menceritakan suatu aplikasi PDF reader yang selama ini saya pakai, yang selama ini terpendam di komputer untuk segera saya post ke blog ini sejak Juni lalu, yang baru bisa saya posting sekarang . Aplikasi itu adalah PDF Plus.
screen shot gambar pdf+ - pdf reader for your phone - membaca pdf di hp

PdfPlus merupakan tool yang memungkinkan kita membaca ebook dengan format Adobe PDF melalui hp (handphone) kita. Jadi, kalo Anda mau baca ebook dari hp, baik itu Al-Qur’an, novel, buku, artikel, atau apapun itu yang berformat *.pdf, bisa menggunakan aplikasi ini. Silakan download melalui link berikut:

atau kalau mau install langsung ke hp bisa melalui link berikut:

Kompatibelitas

Bener gak yach nulisnya? ‘kompabilitas’? .

PDF+ ini dibuat oleh mBrain Software yang dirancang untuk menampilkan file pdf untuk handphone Series 60 Smart Phone. Diantaranya: Nokia N70, Nokia N90, Nokia 6680, Nokia 6600, Lenovo P930, Nokia N72, Nokia 7650, Nokia 7610, Nokia 6682, Nokia 6681, Nokia 6670, Nokia 6630, Nokia 6620, Nokia 6260, Nokia 3660, Nokia 3650, Nokia 3620, Nokia 3230, Nokia N-Gage QD, Nokia N-Gage, Samsung SGH-D730, Samsung SGH-D720, Sendo X, Siemens SX1.

Pengalaman

Saya belom coba di semua hp tersebut sih, bahkan ada banyak diantara daftar di atas yang tidak saya kenali hpnya, dan ada juga tidak ada di Indonesia. Yang jelas, hp ini sudah sangat asik saya pakai di hp saya (Nokia 3230) dan juga kompatibel dengan beberapa hp teman seperti Nokia N-Gage (QD & Classic), Nokia 6600, Nokia N70, Nokia 7610, dan hp-hp sejenisnya.

Untuk tampilan, terus terang saya baru bisa ‘enjoy’ saat membaca setelah beberapa kali menyesuaikan zoom textnya. Alias, kita bisa men-custome ukuran font nya. Jika dirasa terlalu kecil (rapat-rapat banget), ya…itu artinya kita perlu perbesar zoom textnya. Atau mungkin terlalu besar sehingga aktivitas ‘next page’ menjadi terlalu sering Anda lakukan? Maka ada baiknya di zoom out dulu.

Dan satu hal, jangan lupa untuk mengingat halaman terakhir yang Anda baca bila ingin keluar dari aplikasi ini. Ini dikarenakan, fungsi bookmark (penanda halaman) masih belum berfungsi, entah mungkin karena pengalaman personal saya atau memang bagian dari kelemahan aplikasi ini. Jadi, sangat disarankan Anda mengingat halaman terakhir Anda baca jika hendak menutup aplikasi ini. Kalo gak ya Anda musti mencari-cari lagi sampai dimana Anda baca tadi. Okelah jika buku yang Anda baca tidak tebal (banyak), tapi jika Anda membaca 100-200 halaman?

Oh ya… hal penting yang bisa Anda petik dari pengalaman saya: Aplikasi ini tidak belum bisa me-load pdf yang ada di sub directory memory hp atau memory card Anda. Jadi, agar pdf anda terdeteksi oleh aplikasi ini, letakkan aplikasi ini pada direktory utama memory hp/memory card Anda. . Tapi ini pengalaman pribadi loh, sapa tahu anda lebih beruntung daripada saya .

Psst! Jangan bilang-bilang sama orang yach…kalo saya termasuk orang yang telat banget baca novel kang Abik “Ayat-Ayat Cinta“! Coz males banget baca dari text book ! Jadi, saya baca novel fenomenal itu dari hp, dengan PDF+! Kira-kira awal Januari 2008 lalu .

35 thoughts on “Membaca PDF di HP dengan PDF+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *