Membuat Online Store dengan osCommerce

Pada tanggal 28 s.d. 31 Juli 2008, saya mengikuti pelatihan tentang pembuatan toko online dengan engine osCommerce. Selama masa itu, berbagai aktivitas blogging, seperti posting, blogwalking, dsb jadi banyak berkurang. Bukan karena kesibukan ikut pelatihan sih, tapi karena keasikan utak-atik osCommerce di rumah :D.

Pada tanggal 01 Agustus kemarin, entah kenapa, saya merasa sedikit terkejut. Karena dalam waktu yang hampir bersamaan,

pak Cosa juga baru saja membahas tentang Online Store. Dalam artikel yang terpublish 31 Juli 2008 tersebut mas Cosa (dan juga beberapa komentator) menyebutkan ada beberapa CMS yang bisa dijadikan toko online. Dalam artikel tersebut pula mas Cosa mengandalkan mesin wordpress sebagai pilihan utama beliau untuk membuat toko online. Weck, rupaya wordpress yang selama ini dikenal dengan engine blog ternyata bisa juga dipakai buat keperluan e-commerce..! Tentunya setelah menginstall plugin khusus untuk keperluan e-commerce.

Tapi saya masih belum begitu tertarik untuk mempelajari e-commercenya wordpress. Masih asik bersenang-senang dengan osCommerce šŸ™‚ :D. Lagipula, follow up dari pelatihan osCommerce yang saya ikuti itu, mengadakan semacam ‘contest’:

Ada sebuah PR untuk para (mantan) peserta pelatihan tersebut untuk menyelesaikan sebuah Online Store berbasis osCommerce yang diberi tenggang waktu paling lambat 2 minggu.

Kalo menurut saya dan teman-teman ganteng lainnya, waktu 2 minggu terasa lama banget. Tapi apalah daya, peserta yang cantik-cantik minta waktu lebih banyak untuk bisa menyelesaikan osCommerce mereka. Imbalan bagi yang berhasil dengan baik menyelesaikan proyek tersebut, akan diberikan hosting dan domain gratis….yahuuy..!!! sangat termotivasi nih….

Buat yang belum pernah tahu apa itu osCommerce, dan ingin mencoba menginstall dan meng-utak-atiknya, silakan download script CMSnya di http://www.oscommerce.com. Kalo sudah di download, ekstrak saja file compressornya, trus upload semua isi folder “catalog” ke hostingan, atau boleh juga dicoba dulu di local computer dengan menginstall local server terlebih dahulu. Dan selanjutnya terserah Anda… he he he… :p

Btw, thanks kepada mas Robi yang pertama kali memperkenalkan XAMPP dan CMS kepada saya.

9 thoughts on “Membuat Online Store dengan osCommerce

  1. @frendli | sama-sama šŸ™‚ mas frendli, semoga bermanfaat.

    @OOM | kalo osCommercenya OOM udah jadi, jangan lupa kabarin ya om :). apa bener serius mau dicoba om? šŸ˜€

  2. thanks mas jalu….
    ntar saya bakalan coma joomla juga…
    baru-baru ini coba wordpress,rupanya asik juga šŸ™‚

  3. Siip Boss, gimana saya bisa belajar seperti senior nih, Blog Senior pada bagus2 semua, jangan pelit kasih ilmu ya Boss

    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *