Menggunakan Domain Co.Cc untuk WordPress.com

Q: What is domain mapping?
A: This is where your blog is here at wordpress.com but it looks like it is somewhere else – on another domain. This is a paid upgrade.

Begitulah yang saya kutip dari halamanSupport WordPress dot Com ketika saya hendak mencari informasi lebih jauh tentang domain mapping.
Terkait dengan pertanyaan atau usulan dari saudara Ryukaiser pada postingan Custom Domain Manage DNS Co.Cc tentang menggunakan domain co.cc untuk blognya di wordpress.com.

Saya mohon maaf kepada mas Ryukaiser karena beberapa hal, barangkali Anda akan mengerti setelah selesai membaca artikel ini.

Jujur saja, saya belum pernah mencoba melakukan domain mapping pada blog saya yang di wordpress.com, entah untuk domain berbayar (dot com) ataupun domain gratisan seperti CO.CC. Saya hanya membaca beberapa tulisan blogger saja tentang domain mapping.

Namun hari ini saya menyadari bahwa melakukan domain mapping pada wordpress itu mudah dan MAHAL! Kenapa?

Q: What is domain mapping?
A: This is where your blog is here at wordpress.com but it looks like it is somewhere else – on another domain. This is a paid upgrade.

Yapz… seperti blogspot, kita bisa melakukan custom domain (sama artinya dengan domain mapping), yaitu merubah alamat blog kita dari http://ashshiddiq.blogspot.com/ menjadi http://www.syahur.co.cc/ secara gratis. Namun pada wordpress, yaitu Anda yang menggunakan wordpress.com sebagai engine blog Anda, tidak bisa melakukan domain mapping/custom domain secara gratis.
Mengutip dari halaman support wordpress tadi, melakukan domain mapping berarti upgrade. Upgrade = bayar!

Domain mapping costs 10 credits ($10) per year, per domain.

Jadi, pada kesempatan ini, saya mohon maaf kepada mas Ryukaiser. Saya telah berjanji untuk membuatkan tutorial domain mapping untuk wordpress.com. Namun sayang sekali, wordpress.com tidak memperkankan kita melakukan domain mapping secara gratis seperti blogspot. Jika memang ingin melakukan domain mapping, kita harus rela meraba saku dalam-dalam supaya bisa menggunakan domain kita di wordpress.com.

Namun jangan khawatir. Kita masih bisa menggunakan domain CO.CC kita untuk wordpress kita kok! Cuma tidak dengan meng-integrasikannya. Dengan kata lain, kita bisa saja menggunakan domain co.cc untuk wordpress kita, tapi domain co.cc kita tidak akan menyatu dengan wordpress kita. Kenapa? Karena kita hanya mengarahkan domain co.cc kita untuk wordpress kita, yaitu dengan menggunakan fasilitas URL Forwarding dari CO.CC. Silakan simak tutorialnya disini.

Kenapa harus URL forwading? Karena kalo menggunakan Zone Record atau Manage DNS = Domain mapping = Upgrade = Bayar!

Yapz… jika memang anda sanggup, kenapa tidak?

Namun saran saya, LEBIH BAIK anda menggunakan wordpress self hosting saja daripada wordpress.com. Karena, wordpress self hosting artinya kita mengunduh/download file CMS wordpress dari http://wordpress.org kemudian meng-uploadnya ke suatu webhosting, itu lebih menguntungkan daripada kita menggunakan domain kita hanya untuk wordpress.com.

WordPress.org dan WordPress.com sama-sama wordpress, fitur yang ditawarkanpun nyaris sama. Sistem administrasinyapun nyaris sama. Namun pada wordpress.com kita tidak bisa secara BEBAS menggunakan berbagai fitur wordpress.
Berbeda bila anda menggunakan wordpress self hosting, anda dapat menggunakan berbagai fitur wordpress secara bebas tanpa batasan apapun.

Oke, anggaplah anda masih tetap ngotot menggunakan wordpress.com dan hendak melakukan domain mapping, maka Anda bisa memanggil paman google dengan kata kunci Domain Mapping WordPress.

Pada intinya:

  1. Anda harus mengarahkan name server domain Anda ke name servernya wordpress, yaitu:

    ns1.wordpress.com

    ns2.wordpress.com

    ns3.wordpress.com

  2. Kemudian lakukan pembayaran kepada WordPress
  3. Tambahkan domain Anda pada halaman Setting >> Domains

Selesai!

Semoga sukses dan semoga bermanfaat!

27 thoughts on “Menggunakan Domain Co.Cc untuk WordPress.com

  1. Misi gan, numpang coret coret. Jadi WP ga bisa custome ke Co.cc atau domen lain nya dengan gratis? Repot juga ya. Kalo ga custome domen, artinya banyak plug in penting yang ga bisa dipake. Misal mau ganti template, otomatis cuma bisa pake template yg ada. Ada cara lain ga biar ane bisa pake template gratisan lain nya dan tips untuk menggunakan plugin lain nya.

    Makasih sebelum nya.

  2. sudah mapping subdomain wordpress dari adieannama.wordpress.com menjadi adieannama.com. tapi kok ga ada menu instal plug in ya? apa memang seperti itu.. mohon pencerahan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *