Menghilangkan Link View My Complete Profile

Pengguna blogspot pasti tahu tentang widget yang bisa kita pasang di blog kita. Misalnya saja widget profile. Nah, default dari blogspot, ketika kita masang widget profile, pasti ada tulisan view my complete profile di bagian bawah widget profile tersebut.

Saat saya sedang asik-asik ngutak-atik template blogspot, saya menemukan sebuah kode yang saya kira lumayan lah untuk membuat blog kita lebih terlihat personal. Setidaknya ada perbedaan unik dari blog teman kita.

Pada kesempatan ini saya mencoba sedekar berbagi ilmu tentang pengkodean blogspot. Kali ini hanya sedikit berbagai cara menghilangkan tulisan ‘view my complete profile‘ yang ada pada widget profile nya blogspot.

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan link tersebut, yaitu melalui CSS dan melalui HTML. Anda mau yang mana? Melalui CSS atau HTML? oke… dua duanya aja deh… Namun anda lanjutkan, pastikan bahwa anda sudah memasang widget profile pada blog anda. Jika tidak, ya… gitu deh…

Melalui CSS
Seperti yang kita ketahui, diantara sekian banyak kode yang ada pada template blogspot, pasti ada CSSnya. Untuk mengutak-atik link view my complte profile, log in ke blogger dan masuk ke menu Layout >> Edit HTMLcari code:

.profile-link {
  font: $postfooterfont;
  text-transform: uppercase;
  letter-spacing: .1em;
}

Coba fokus saja pada code yang saya beri tanda bold di atas. Karena memang kode di atas adalah kode default template blogspot: minima. Sedangkan bila anda telah mengganti template anda dengan template buatan teman anda atau buatan siapa saja, kemungkinan besar kodenya sudah banyak berubah. Jadi, cari (CTRL + [F]) saja kode yang: .profile-link. Jika kode tersebut tidak anda temukan, silakan buat saja kodenya. Letakkan sebelum kode ]]>.


Nah, untuk menghilangkan tulisan link view my complete profile, ubah code tadi menjadi:

.profile-link {visibility:hidden;}

 Trus langsung save aja deh. Dijamin tuh tulisan view my complete profile pasti hilang!

Melalui HTML
Nah kalo melalui HTML, masih di menu layout edit html, klik kotak kecil yang ada disamping tulisan expand widget templates. Fungsinya biar semua kodenya tampil. Kalo kita tidak meng-expand widget templates, maka template yang ditampilkan hanya kode utama aja, sementara kode detailnya tidak ditampilkan. Nah, kalo udah aktifkan expand widget templates, barulah kita bisa mengedit layout blogspot kita lebih detail. Termasuk menghilangkan tulisan view my complete profile. Caranya:
Cari code: , trus hapus aja dah tuh kode… dijamin bakalan hilang deh tulisan view my complte profile.

Nah, sedikit keluar dari topik nih, jika anda tidak ingin menghilangkan tulisan view my complete profile, tapi mau mendekorasinya, misalnya merubah font, merubah align, atau merubah warna, bisa aja tuh, bisa melalui CSS ataupun dari HTML (setelah di expand widget templates)nya.

6 thoughts on “Menghilangkan Link View My Complete Profile

  1. @pranajayas: selamat bekerja juga, semoga sukses!

    @GODOT BIN GOGOL: iya bos… semoga makin sip deh.. 😀

    @Cheers To Life: wah.. pujiannya bikin saya terbang neh (emang bisa?)… templatenya bukan buat sendiri nih.. masih comot punya orang.. he he he 😀

  2. • Andy Cyber • says:

    aduh….. kok ga bisa nih mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *