Menjadi Publisher Google AdSense

Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu saya dan blog saya baru di approve oleh Google Adsense. Bukan dengan blog ini sih, tapi dengan blog dummyku dengan tema motivasi. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada para senior yang telah berkenan membagi ilmunya kepada saya. Ada mas Robi, ada juga mas Teddy, dll. Thanks pula buat om Cosa.
Kali ini saya mau cerita kepada teman-teman yang masih belum punya ma’lumat tsabiqah atau

informasi awal tentang google adsense. Google Adsense merupakan salah satu layanan yang difasilitasi oleh perusahaan terkenal “Google” yang bergerak dibidang periklanan. So, google tuh gak cuma alat pencari di dunia internet aja bro! Google juga bisa kita manfaatkan untuk memperoleh earning melalui internet.
Sebenernya masih banyak sih layanan yang diperbolehkan google kepada kita, untuk menggunakannya secara gratis, seperti googlepages, google album picasa, dll. Namun kali ini saya cuma mau cerita tentang google adsense aja deh.
Buat temen-temen yang belum punya blog, mendingan buat segera. Karena dengan adanya blog, kita bisa menggunakan layanan google adsense. Kenapa harus punya blog untuk bisa menjadi publisher google adsene? Jadi gini bro and sis, mungkin kalo saya yang ngomong sobat tidak percaya, jadi saya kutib aja dari blognya mas Teddy:
Ada tiga komponen dalam google adsense:

(a) Advertiser atau pemasang iklan;

(b) Company yaitu Google Inc.;

(3) Publisher yakni pemilik blog/website yg ditumpangi iklan google.

Setiap ada iklan yg dikkik oleh pengunjung (bukan oleh Anda), maka Advertiser membayar kepada Google Inc. Bayaran tsb. oleh Google Inc. sebagiannya dibagikan kepada kita sebagai publisher. Semuanya terkalkulasi secara otomatis dengan teknologi IT google yg super canggih.

Jadi, kita sebagai publisher tidak boleh main curang dengan mengklik sendiri iklan-iklan di blog kita, karena pasti akan ketahuan. Dan apabila ketahuan, maka akan diberi peringatan satu kali, dan dipecat apabila melakukan lagi. Google tampaknya juga sedang mengajarkan kita langkah-langkah “mengurangi” korupsi… Sekedar diketahui, sudah banyak para “koruptor” Google yg dipecat dari rekanan.

Nah, itu jawaban mengapa kita musti punya blog. Kalau masih bingung apa itu blog, silakan baca tulisan yang ada DISINI. Atau sudah tidak sabar ingin segera membuat blog? Kalau begitu anda perlu membaca tulisan yang sudah saya publish DISINI. Jika sudah punya blog namun belum mendaftarkan diri menjadi publisher Google Adsense, sangat saya sarankan sobat untuk mempersiapkan blog sobat supaya blog tersebut dianggap layak menjadi publisher bisa diterima menjadi publisher. Persiapan yang harus anda lakukan adalah:

  • Blog yang berbasis bahasa inggris;
  • Sampai saya mengetik tulisan ini, masih belum ada informasi resmi dari google bahwa mereka menerima calon publisher yang mengajukan diri dengan blog berbahasa Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa blog yang berbahasa Indonesia diterima/diapprove oleh google adsense. Karena pada faktanya banyak juga blog berbahasa indonesia yang di dalamnya bertaburan iklan google. Untuk tahu lebih jauh atau ingin berdiskusi tentang ini, silakan berkunjung ke o-om’s Blog.

  • Menyeting blog dengan settingan bahasa Inggris
  • Iya, ini perlu bro. Silakan berkunjung lagi ke blog mas Teddy tentang persiapan untuk mendaftar di GA.

  • Mengurus surat keterangan sehat dan sebagai warga negara dari lurah/camat setempat;
  • Nah, kalau yang ini gua cuma becanda bro!

Kalau ketiga kedua syarat itu sudah terpenuhi, maka ada baiknya sobat melakukan:

  • mengisi blog tersebut dengan konten yang origional (bukan copy paste).
  • Walau bagaimanapun, google itu canggih bro! Coba aja anda ketik nama anda di google.com, tidak lebih dari 1 detik akan muncul berjuta-juta data tentang keyword tersebut. Apalagi cuma sekedar mencari duplikat artikel. So, copy paste sangat tidak disukai oleh google! Lalu bagaimana bila tidak bisa bahasa inggris, sementara target mayoritas isi blog adalah bahasa inggris? Tenang bro! Ada trik bagus yang bisa anda gunakan, dan juga sudah berhasil saya gunakan. Coba sobat cari artikel bahasa inggris di internet (kecuali mau ngetik dari koran/majalah/dsb). Ya udah, cari di internet aja. Misalnya, anda ketik di google: “free article”. Nah, akan muncul jutaan situs penyedia artikel dalam bahasa inggris. Pilih salah satu. milsanya http://www.articlecity.com. Dari articlecity, pilih salah satu artikel yang anda sukai, copy semua paragraf dalam artikel tersebut, kemudian copy. Untuk sementara paste dulu artikel itu ke ms. word atau notepad. Selanjutnya, anda buka kamus bahasa indonesia, lalu terjemahkan. Bhuuek..!! enggak bro! Lu ketik di browser http://google.com/translate. Atau kalau tidak bisa silakan cari di google.com dengan kata kunci “google translator”. Kalo udah ketemu, langsung buka aja situsnya. Oke, di halaman google translator, anda paste artikel yang sudah anda copy dari articlecity tadi, lalu terjemahkan artikel berbahasa inggris itu ke bahasa Italia. Sudah belum? Langsung praktek nih?…he he he…Anggap aja sudah, karena itu terlalu mudah, cuma 2 step klik. Kemudian, copy artikel bahasa Italia itu ke notepad. Anda bisa bahasa Italia tidak? Kalau bisa, coba deh terjemahin ke bahasa inggris kembali…ha ha ha ha…becanda bro…lu cuma perlu ke halaman google translator lagi. Anda masih ingat tadi di google translator ada dua kolom. Kolom kiri adalah origional teks, dan kolom kanan adalah teks hasil translate. Ayo! Segera paste teks bahasa italia tadi di kolom sebelah kiri (origional teks) lalu terjemahkan kembali ke bahasa Inggris. Lalu posting ke blog anda.
    Selamat! anda baru saja membuat artikel segar nan indah bagaikan artikel ORIGIONAL. Masih bingung? Jadi gini, prosesnya adalah:

    artikel bahasa inggris –> artikel bahasa italia –> artikel bahasa inggris.

    Oke, sampai disini anda harus mengerti. Ulangi cara tersebut sampai anda membuat menerjemahkan hasil terjemahan artikel yang banyak, 5 atau 10 artikel.

  • Pelajari SEO;

Oke, saya rasa cukup untuk sekedar berkenalan dan tips mendaftarkan diri di google adsense. Kini saatnya daftarkan blog anda ke Google Adsense. Atau anda masih belum yakin diterima sebagai publisher? ayoo…anda harus sering baca-baca dan ikut berdiskusi di forum Indonesian Publisher Community. Di forum itu anda akan mendapat banyak sekali informasi, tips dan trik, dan berbagai pengalaman dari para senior adsense.

30 thoughts on “Menjadi Publisher Google AdSense

  1. wah, bagus infonya mas. Saya punya pengalaman rasanya sampai HAMPIR menyerah daftar di Google Adsense. Masalahnya belum di approve juga, sudah lebih 10 kali. Sedih bercampur kasihan ya .. hehehe … Mungkin saya akan ikuti anjuran anda, dan smoga juga Google Adsense sadar punya Fans seperti saya…. Thanks Bos.

  2. Gan, Saya punya satu iklan yang lumayan buat nambah dollar kita. Dan blog anda kayaknya sih bakal di approve karena sudah lumayan bagus trafficnya. Dan bagusnya lagi, kalau kita sudah punya Google Adsense, iklan dia ini memang friendly sama GA, karena iklanya tidak sama dengan iklan GA. Kurang lebih bunyinya seperti ini ” Can I use Chitika Ads with Google AdSense?
    * Yes! You can use Chitika Ads and AdSense together on the same page because:
    – Chitika ad units are NOT contextual
    – Chitika ad units do NOT look like AdSense units “.

    Begitu gan, mantab khan, lumayan buat tambahan, lagian kayaknya hampir sama dengan GA bahkan ada sebagian teman-teman blogger yang sudah “memakai” chitika, malah pendapatan iklanya besaran chitika dari pada GA. Terserah anda, saya pengen share aja, lagian sekalian blog walking. Kalau berminat atau sekedar pengen tahu soal Chitika langsung meluncur http://chitika.com/publishers.php?refid=andoss. Kalau anda mau cari tambahan lebih, ya di pikirkan lagi :). Thanks.

  3. Saya menawarkan jasa untuk pembuatan akun Google adsense, Pengerjaan Maksimal 24 jam akun sudah jadi, Biaya Cuma 60 Ribu melalui Rekening Bank Mandiri. Dan pembayaran dilakukan Jika Akun sudah jadi. Jika Berminat Silahkan Sms data Anda Ke 085729006098.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *