SearchTerm Tagging 2: Must Have WordPress Plugin!

Beberapa bulan sebelum saya menulis artikel ini, tepatnya pada bulan Juni 2009, saya pernah menulis artikel tentang sebuah plugin wordpress yang sangat luar biasa, yaitu Search Term Tagging. Jika anda baru pertama kali mendengar nama plugin itu, silakan mampir ke halaman ini:

http://www.syahuri.com/?p=298

Diantara sejumlah komentar yang masuk di artikel itu, ada satu komentar dari seorang blogger master yang memberi kabar bahwa beliau sudah memodifikasi plugin tersebut dan menamainya dengan nama SearchTerm Tagging 2. Saya benar-benar kaget, sekaligus senang dengan adanya komentar itu. Kaget karena ternyata blog abal-abal saya ini dikunjungi  dan dikomentari oleh seorang plugin creator, he he he. Senang karena ternyata salah satu plugin favorit saya sudah ada updatenya (yang sudah sangat lama saya tunggu).

Sedikit penjelasan, plugin itu berfungsi untuk me-log semua kata kunci yang masuk ke blog kita, lalu kita bisa menyimpan kata kunci (keyword) yang masuk tersebut ke blog kita. Umumnya diletakkan di bawah artikel.

Pada versi pertamanya (http://17thdegree.com/archives/2006/08/15/wordpress-plugin-search-term-tagging-10-beta/), walaupun sudah sangat banyak menyumbangkan traffic kepada blog-blog saya, tapi plugin ini belumlah mempunyai kemampuan yang matang untuk beraksi.

Namun setelah disentuh dan dimodifikasi oleh master Purwedi, plugin itu kini menjelma menjadi plugin wordpress yang wajib anda install! Saya tak perlu menjelaskan panjang lebar tentang plugin itu, kelemahan dan kekurangannya. Semua informasi tentang plugin ini sudah cukup jelas diuraikan di halaman plugin ini, baik di direktori plugin wordpress, ataupun di tanah kelahirannya.

  • http://exclusivewordpress.com/searchterms-tagging-2-plugin/

Hingga saya mengetik tulisan ini, saya masih belum mampu mendeskripsikan kebahagiaan saya setelah mengupdate plugin ini ke versi terbaru. Terutama saat saya sadar bahwa ternyata plugin ini sudah ada fasilias widgetnya. Terlebih lagi, ternyata plugin ini sudah cocok dengan trik “The Art of Auto-Generated Content“nya master Cosa. Perfect!

Oke deh… rasanya udah cukup cuap-cuap saya kali ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah anda juga penggemar plugin ini? Atau anda lebih senang dengan plugin alternatif seperti WP SEO Tags, bStats, atau yang lainnya?

12 thoughts on “SearchTerm Tagging 2: Must Have WordPress Plugin!

  1. dahsyat mana mas sama wp-seo tag modifan mas robee.btw saya belum pernah soal nya pakai plugin st12 modifan mas por.

  2. sudah install mas, thanks dah share, tapi mau tanya, bukannya teknik beginian riskan buat kita yang ngejar keyword tertentu untuk content kita ? jadi orang lain yg webnya punya content sama mungkin punya ide nyuri keyword yang kita pakai. gimana ya mas ? kalau dibuat color sama dengan back ground apa tidak takut nanti kena ban dari google ?
    jazakallah khairan.

  3. plug in ini memang bagus, tapi saya pernah pake yang di sarankan oleh ebooknya bpk cosa, ampuh memang tapi berdampak saya di tendang oleh webhosting lantaran resource server tersedot, jadi kapok pake. nah yg ini separah itu ndak ya? masak ke tendang kedua kalinya yg berakibat semua postingan kagak terselamatkan

  4. aku baru belajar bikin blog di wordpress, langkah berikutnya apa ya, gmna cara nulis ctatan atw mnggunakan fungsi blog ini aku kurang paham, tlng ajarin dong…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *