SEO WordPress dengan Plugin All in One Seo Pack

This plugin is streamlined for some best practices for WordPress SEO. While it gives you many options the defaults reflect the settings I recommend using.

Dalam dunia internet, khususnya bagi para webmaster (yaitu orang-orang yang berkecimpung sebagai pembuat website atau blogger) ada istilah yang disebut SEO. Jika mengutip dari Wikipedia, maka SEO artinya:

Search Engine Optimization {SEO) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.


Kalo menurutku yang masih baru di dunia blogging ini, SEO adalah upaya sang pemilik blog atau website untuk mengoptimalkan posisi blog/web dia di halaman hasil pencarian, alias SERP (Search Engine Result Page).

Sebut saja Google, Yahoo, MSN, Altavista, atau segala macam mesin pencari yang bertebaran di Internet. Mesin pencari itu digunakan oleh para pengguna internet untuk mencari apa yang ingin dicari. Nah, para pemilik website atau blog yang mengerti tentang SEO akan berusaha memperebutkan posisi terbaik di halaman hasil pencarian pada mesin pencari. Inilah yang saya pahami sebagai SEO, yaitu upaya agar web kita bisa muncul di urutan terbaik (urutan 1, di halaman 1), atau setidaknya masuk 10 besar di halaman hasil pencarian.

Segala upaya untuk dapat meraih posisi teratas di mesin pencari, misalnya saja Google tentu bukanlah hal yang mudah. Kita harus berhadapan dengan web lain yang jumlahnya sangat banyak dan makin tambah banyak.

Makanya ada istilah SEO: Search Engine Optimization. Dengan menerapkan ilmu-ilmu atau tips-tips SEO, web kita bisa (setidaknya) tampil di halaman utama pada hasil pencarian.

Sangat banyak ilmu-ilmu SEO yang diajarkan oleh para webmaster dan blogger. Misalnya dengan menambah meta tag, link building, submit ke artikel direktori, submit ke web direktori, dan masih banyak tips lainnya yang dapat meng-SEO-kan web/blog kita.

Bagi pengguna WordPress, salah satu tool/alat yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita dalam mengoptimalkan wordpress kita adalah dengan menggunakan plugin All in One Seo Pack. Plugin ini merupakan plugin paling populer bagi para pengguna WordPress.

Kebetulan pada artikel tentang 11 Plugin WordPress yang Perlu Anda Aktifkan untuk Blog Anda yang saya tulis beberapa waktu lalu saya sempat menyebutkan tentang plugin All in One Seo Pack ini. Saya tidak menyangka artikel itu mendapat respon dari pembaca, alhamdulillah :). Ada satu komentator (mas Sandi) yang mengajukan keluhannya tentang plugin All in One Seo Pack, katanya sih plugin ini membuat beliau bingun dan meminta saya untuk membuatkan tutorial cara penggunaan plugin ini.

Jujur saja, saya masih merasa terlalu hijau jika disuruh buat tutorial. Terlebih lagi mas Sandi sudah mempunyai pengalaman yang jauh lebih banyak dibandingkan saya. Tapi karena beliau sudah berkomentar seperti itu ya mau gimana lagi, ini merupakan request yang apabila saya tidak penuhi akan menjadi beban bagi saya. Saya tidak peduli apakah mas Sandi memang murni bertanya seperti itu atau hanya ‘menguji’ saya saja, saya akan mencoba berbagi cara saya menggunakan plugin All in One Seo Pack. Ini dia:

  1. Installasi plugin ini sama seperti installasi plugin wordpress yang lainnya. Tuju bagian Dashboard >> Plugin >> Add New. Atau: http://www.URL-ANDA.com/wp-admin/plugin-install.php. Lakukan pencarian untuk plugin all in one seo pack, install, lalu aktifkan.
  2. Setelah plugin ini aktif, tuju bagian Setting dan klik All in One SEO, atau http://www.URL-ANDA.com/wp-admin/options-general.php?page=all-in-one-seo-pack/all_in_one_seo_pack.php,
  3. Sang pembuat pluginpun sudah membuat halaman FAQ (frequently asked questions) untuk plugin ini. So, barangkali teman-teman bisa memanfaatkan halaman tersebut untuk mempelajari lebih jauh tentang plugin ini.
    • Saya pribadi, menggunakan plugin ini saat membuat artikel baru, yaitu mengisi meta deskripsi dan meta keyword serta title untuk postingan tersebut.
    • Selebihnya, di halaman setting, saya mengaktifkan check list Canonical URLs untuk menghindari duplikasi isi (www dan non www).
    • Saya juga mengaktifkan check list Rewrite Titles untuk mengoptimalkan judul blog dan judul artikel di mesin pencari.
    • Tak lupa memanfaatkan plugin ini untuk menghindari suplemental result dari google dengan mengaktifkan check list Use noindex for Categories, Archives, dan Tag Archives.
    • Settingan lain saya tidak merubahnya, ikut saja apa yang sudah menjadi default setting dari plungin ini 😀 .

Huff… jujur neh, susah bagiku untuk mempublish artikel ini. Saya bingun mulai dari mana jika mau nulis artikel tentang SEO. Namun bermodal nekat, saya tidak peduli jika ada istilah-istilah webmaster yang tidak dimengerti oleh teman-teman. Maksud saya, artikel ini cocoknya emang untuk teman-teman blogger. Walaupun pada paragraf-paragraf awal sudah saya awali dengan bahasa yang umum, tapi sepertinya memang sulit jika artikel tentang seo hanya ditulis dalam satu artikel :D.

Sebagai penutup, mari simak apa kata mbah-mbah pemilik 3 mesin pencari terbesar (Google, Yahoo, dan MSN) tentang SEO berikut:

    Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah anda memiliki blog yang belum SEO-friendly? Sudikah kiranya anda turut berbagi tips SEO disini?

    Reblog this post [with Zemanta]

25 thoughts on “SEO WordPress dengan Plugin All in One Seo Pack

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *