Sitemap Error pada Google Webmaster Tool

Salah satu (diantara sekian banyak) kunci sukses suatu blog adalah semakin bertambahnya lalu lalang pengunjung ke blog kita. Salah satu (diantara sekian banyak) jalan pengunjung datang ke blog kita adalah melalu mesin pencari, atau kalau bahasa gaulnya disebut Search Engine.
Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan pengunjung adalah Google.

Nah, salah satu cara blogger mengoptimalkan blognya supaya PD dan tampil dihalaman pertama SERP (search engine result page) adalah cepatnya halaman blog kita terindex atau “dipandang dua belah mata” oleh mesin pencari.

Hehehe, banyak banget “salah satu” kan di postingan ini? Kasian deh gue.

Salah satu cara agar halaman(s) blog kita terindex di mesin pencari (bahkan Google) adalah dengan melaporkan Sitemap blog kita ke Google Webmaster Tools.

Nah, semoga saja dengan berhasilnya kita men-submit sitemap kita ke Google Webmaster Tool blog kita jadi lebih cepat terindex.

[Focus on Topic mode: ON]
Bagi kita2 pengguna blogspot/blogger.com, salah satu masalah yang terjadi pada Sitemap kita di Google Webmaster Tools adalah sitemap error.
Berdasarkan pengalaman (dan hasil blogwalking) saya, penyebab terjadinya sitemap error adalah karena RSS feed blog kita sudah kita ‘arahkan’ ke Feedburner.

Hayo.. Buat temen2 yang sudah membuat feed blog Anda di Feedburner dan sudah mengarahkan feed default blogspot anda ke feedburner (ada di bagian Setting >> Feed), maka insya Allah sitemap Anda akan error saat me-add nya ke Google Webmaster Tools.

Solusi:

  1. hapus sitemap yg error anda, kemudian
  2. add sitemap baru DENGAN menambahkan “?redirect=false” pada sitemap yg baru Anda

Contoh sitemap yang error:
http://URLanda.blogspot.com/atom.xml

Solusi:
http://URLanda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false

oke, itu saja kok! Semoga sukses dan semoga bermanfaat.


posted by Syahuri from Opera Mini with Nokia 3230

5 thoughts on “Sitemap Error pada Google Webmaster Tool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *