Statistik Web Handal dengan Google Analytic

Kira-kira setahun yang lalu, saya sempat membaca sebuah majalah (udah lupa majalah apa) yang membahas tentang Google Analytics. Tapi baru beberapa bulan yang lalu baru saya pasang di blog ini. he he he…jadul banget yach…
Dengan Google Analytics, kita bisa mengetahui statistik blog atau website kita. Diantaranya:

  • Visitor Overview

  • Menunjukkan berapa jumlah pengunjung blog/situs kita secara keseluruhan, berapa jumlah halaman blog/web kita yang terbuka, berapa lama (rata-rata) pengunjung membuka halaman web kita, berapa persen pengunjung yang pernah mengunjungi web/blog kita (berdasarkan ip address), dan stats lainnya seperti browser yang digunakan, resolusi layar, bahasa, lokasi, dan lain-lain, baik dalam lingkup harian, mingguan, dan bulanan.

  • Map Overlay

  • Map Overlay menunjukkan statistik blog kita berdasarkan daerah asal pengunjung. Berapa kali pengunjung dari suatu daerah (negara) datang ke blog kita, berapa halaman yang terbuka (page view), berapa lama kunjungannya, dan lain-lain.

  • Traffic Sources

  • Dengan Traffic Sources, kita bisa tahu asal pengunjung yang datang ke blog kita. Misalnya dari Search Engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo, MSN, dll lengkap dengan kata kucinya. Adapula pengunjung yang datang dari Referring Sites, yaitu pengunjung yang datang karena mengklik suatu link yang mengarah ke blog/situs kita. Adapula pengunjung yang datang langsung dengan Direct Traffic, yaitu pengunjung yang datang ke blog/web kita secara langsung dengan mengetik alamat blog/web kita di address bar browser. Google Analytics memperlihatkan statistik statistik ini berupa angka jumlah dan juga persentasenya.

  • Content Overview

  • Content Overview memperlihatkan statistik blog/web kita berdasarkan popularitas suatu halaman yang ada pada blog/web kita. Dengan melihat statistik ini, kita bisa tahu halaman/artikel mana yang paling banyak dilihat oleh pengunjung.

Semua statistik tersebut bisa anda dapatkan secara gratis!
Untuk pendaftaran, informasi, dan melihat statistik blog/web Anda, silakan menuju langsung ke http://google.com/analytics.

Setelah mendaftar, tambahkan blog Anda dalam dalam Website Profiles dengan mengklik Add Website Profile (ada di bagian bawah). Nanti Anda akan diberikan 2 (dua) buah kode script yang dapat Anda selipkan di blog Anda. Sangat direkomendasikan Anda meletakkan kedua code tersebut di bagian bawah, tepatnya sebelum code </body>.

Jika Anda memiliki lebih dari satu (1) web/blog, Anda tidak perlu mendaftar lagi ke Google Analytics, karena cukup dengan satu akun saja, anda bisa menambah beberapa blog/web!
Dan satu hal yang perlu diperhatikan bahwa, karena Google Analytics merupakan bagian dari Google, maka Akun Google Analytics Anda juga akan secara otomatis ter-integrasi dengan akun google lainnya, seperti Google Blogger, Google Mail, Google Page Creator, Google AdSense, atau segala macam anak cucu google :). So, enjoy it!

10 thoughts on “Statistik Web Handal dengan Google Analytic

  1. iya nih.. baru tau daftar google analystic akhir2 ini..
    sekarang pake dua deh..
    StatCounter ma Goggle Analystic

    tapi google the best lah..
    hehhehe

  2. @Fauzan: iya, bener Jan, emang google top banget…stat counter juga asik…saya juga merangkap dengan sitemeter nih 😀

    @sagung: sama-sama mas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *