Tak Ada Keraguan

tak ada keraguan di dalam alquran, sebagai petunjuk hidup. jelas sekali di surat al baqarah ayat pertama, Allah dengan PeDenya mengklaim bahwa kitabNya itu sangat sempurna. beda dengan buku2 yang beredar di dunia sekarang, pastilah di kata pengantarnya disebutin “buku ini belum lah sempurna bla bla bla”.

tidak. saya bukanlah ahli tafsir quran kemudian membahasnya di blog ini. saya juga bukan ahli ibadah. saya cuma ingin berbagi pengalaman dengan sedikit nasehat yang mungkin bisa berguna bagi kita bersama.

saya sangat menyukai ayat pertama dari surat al baqarah. ayat itu menunjukkan betapa meyakinkannya kitab yang diturunkan sang pencipta manusia itu. ibarat sepeda motor, yang ada buku petunjuknya saat diciptakan oleh si pembuat.

misalnya isi bahan bakarnya pake bensin, jangan pake air laut. atau mungkin si pencipta laptop bilang di buku petunjuk laptop kalo laptopnya jangan di rendam di air. maksudnya adalah, si pencipta pastilah lebih tau segala sesuatu tentang apa yang telah diciptakan. manusia gitu juga. Allah pastilah tau lah manusia itu gimana. makanya Allah kasih petunjuk, berupa al quran. sekarang tergantung manusianya, mau pake buku petunjuk hidup, ato hidup sesuka hati. life is choice ūüėČ. setidaknya begitulah yang saya ingat dari kata-kata seorang ustad ketika saya masih SMA :D.

terkadang kita mengalami masalah hidup yang berat. apalagi terkait dengan manusia-manusia di sekitar kita. sesuatu yang kita lakukan dan menurut kita baik, bisa jadi menjadi hal buruk di mata orang lain. dan ini tentu sangat mengganggu kita. berbuat buruk di kehidupan sosial saja pastilah mendapat perhatian dari masyarakat, bisa jadi kita dipidana, dihajar masa, atau mungkin cuma diperlakukan tidak menyenangkan. berbuat baik juga hampir sama.

cuma yang beda ada pada versi pandangan aja. kalo kita berbuat baik menurut kita dan juga baik menurut orang lain, ya ga masalah. nah ini kita berbuat baik menurut kita itu memang baik, eh ternyata ada orang yang menganggap perbuatan kita itu buruk. selanjutkan akan terjadi judgemen atau penghakiman atas apa yang kita lakukan sesuai dengan level aktifitas yang kita lakukan.

yang ingin saya sampaikan adalah, tidak semua standard pemahaman manusia tentang baik dan buruk itu sama. ada yang bilang ini baik, ada yang bilang itu gak baik. disinilah al quran berperan sebagai petunjuk nyata. jika yang kita lakukan udah sesuai dengan al quran dan juga hadits nabi, ya udah. gak ada yang perlu diragukan lagi. just do it! itu pastilah benar dan baik, tak ada keraguan, jangan takut!

peduli amat dengan pandangan manusia. kita hidup untuk beribadah kepada Allah. berinteraksi dengan manusia sesama makhluk Allah juga bagian dari ibadah. selama kita yakin masih dalam jalur buku petunjuk langsung dari pencipta manusia, enjoy aja. ūüėÄ

tak ada keraguan di dalam al quran. tinggal kitanya aja musti rajin pelajari :D.

mohon nasehati jika saya salah.

5 thoughts on “Tak Ada Keraguan

  1. suka bagian yg ini.. si pencipta pastilah lebih tau segala sesuatu tentang apa yang telah diciptakan. manusia gitu juga. Allah pastilah tau lah manusia itu gimana. makanya Allah kasih petunjuk, berupa al quran.
    keyeennn!!!!!!!!

  2. suka bagian yg ini.. si pencipta pastilah lebih tau segala sesuatu tentang apa yang telah diciptakan. manusia gitu juga. Allah pastilah tau lah manusia itu gimana. makanya Allah kasih petunjuk, berupa al quran.
    keyeennn!!!!!!!!

  3. Ya.. Tak ada keraguan dalam Al-quran. Semoga tulisan ini mampu mengingatkan pembacanya akan agungnya Al-quran sebagai kalam Allah.

    1. Le chartalisme propose au moins que tous les d√ɬ©ficits soient financ√ɬ©s par cr√ɬ©ation mon√ɬ©taire centrale et que l’Etat soit l’employeur en dernier ressort en p√ɬ©riodes de recession.Je suis de leur avis √ɬ©galement sur le fait que ce sont les taux d’int√ɬ©r√ɬ™ts de la Banque Centrale qui d√ɬ©terminent les taux d’OAT (dans un cadre de monnaie souveraine, pas dans l’euro √ɬ©videmment)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *