Tips Internet/GPRS Murah pada HP

Sekarang, internet seakan menjadi kebutuhan yang luar biasa. Jika dulu internet hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang saja, atau hanya bisa dinikmati oleh perkantoran. Namun kini, internet bukan lagi hal yang luar biasa. Internet sudah dimana-mana, bahkan internet di rumah perseoranganpun sudah merupakan hal yang luar biasa.

Untuk terhubung dengan koneksi internet, kita tak harus melalui komputer. Melalui HP pun sekarang sudah bisa ber internetan. Yaitu dengan menggunakan koneksi GPRS.
Sudah sangat banyak HP yang sudah dilengkapi dengan fasilitas GPRS.
Selama ini, jika menggunakan GPRS dengan HP, saya biasa, atau bahkan selalu menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai browser, yaitu opera mini. Opera minilah yang selama ini menemani saya berinternetan ria.
Nah, berikut ini saya sedikit ingin berbagi tips tentang penggunaan GPRS secara hemat, khususnya dengan menggunakan opera mini.

  • Menonaktifkan Fitur Load Images
    Fitur ini sangat membantu kita untuk menghemat pulsa saat nge browse. Yaitu dengan tidak menampilkan gambar yang ada di halaman web. Ini merupakan suatu penghematan yang luar biasa. Karena memang yang bikin pulsa cepet habis ya karena me-load gambar. Atau jika Anda ngotot ingin menampilkan gambar, alias anda ingin menikmati gambar-gambar yang ada di halaman web, anda bisa menurunkan kualitas imagenya, pilih low quality. Namun sebenarnya jika kita menonaktifkan fitur ‘no load images’, ini sungguh tidak membuat kepuasan kita berkurang. Karena di opera mini juga ada fitur untuk meload gambar-gambar tertentu yang ingin kita lihat.
    Andaikan dalam satu halaman terdapat 5 gambar, jika Anda hanya ingin melihat salah satu gambar saja, bisa! Yaitu dengan mengarahkan kursor pada gambar tersebut, tekan tombol [1], dan klik open image.
  • Mengecilkan Ukuran Font
    Yapz… di opera mini kita juga bisa memilih ukuran font yang kita gunakan. Menurut pengamatan saya, berbeda hp, berbeda pula ukuran fontnya. Misalnya, ukuran small font di Nokia 3230, tentu berbeda dengan ukuran small font pada Nokia N73.
  • Mengompress Halaman Web
    Mengompress halaman web bisa dengan berbagai cara dengan memanfaatkan pihak lain. Misalnnya saja:
  • Informasi tentang situs wap converter ini saya dapet dari forum MyQ, kecuali yang pertama (google.com/gwt/n), yaitu berdasarkan pengalaman pribadi saat menggunakan Google Reader versi mobile.

Oke, itulah tips yang dapat saya sharing tentang tips menghemat pulsa internet / gprs. Jika ada yang mau menambahkan, silakan saja πŸ™‚

8 thoughts on “Tips Internet/GPRS Murah pada HP

  1. bner tuh. pake sofwer Opera Mini ditambah lagi dgn menon-aktifkan load gambar. pasti koneksi internet terasa lebih cepat πŸ™‚

    oiya, mas Syahur.. blognya kebagian Award nih.. mohon diterima ya. silakan baca di sini.

    terima kasih mas πŸ˜€

  2. @Blogger-Holic: thanks atas awardnya! Salam sukses selalu πŸ™‚

    @sawa: coba aja nge browse melalui http://google.com/gwt/n

    insya Allah lbh hemat, karena udah disesuaikan untuk mobile version (mirip pda wp plug in untuk wordpress).
    Tapi kalo mau ngedit template jgn dari situs compressor. Bisa2 ntar templatenya jadi berantakan :)) (pengalaman dulu saya ngancurin template krn ngedit dari skweezer.net) . πŸ™‚

  3. @Blogger-Holic: saya gak berani publikasikan di sini mas Fariz! lagian saya masih meragukan status halal haramnya…
    kalo memang penasaran, coba cari di google dengan keyword: internet gratis, gprs gratis, dsb… πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *