Tips Membuat Blog: Mobile Phone Friendly

Membuat blog memang akan mengasah kemampuan kita, baik itu kemampuan menulis, kemampuan berimajinasi dalam memilih atau mendesain, kemampuan bisnis, atau kemampuan lainnya yang bisa saja tidak kita sadari.

Dalam hal desain blog, memilih desain yang paling kita sukai memang penting, tapi alangkah lebih penting lagi jika desain blog yang kita pilih itu tak hanya sekedar kita sukai, tapi juga merupakan desain yang paling tepat untuk blog kita. Terkadang memang hal-hal kita sukai itu bisa jadi tidak baik untuk kita, kan?

Contohnya jika anda membuat blog yang bertopik kesehatan, namun desain blog anda mengesankan suasana otomotif. Tentu saja ini tidak cocok untuk blog anda. Jadi, semakin cocok desain blog Anda dengan topik yang anda tulis di blog anda, itu akan semakin bagus. Artinya, pengunjung blog anda akan semakin senang dengan blog anda, dan bukan tidak mungkin dia akan kembali lagi ke blog anda, atau bahkan menjadi pengikut setia setiap artikel yang anda tulis di blog anda!

Secara pribadi, jika saya blogwalking (menjelajahi blog-blog yang ada di internet), ada beberapa hal yang tidak saya sukai dari suatu blog. Maaf jika hal-hal yang saya sebutkan ini tidak asik untuk anda baca atau menyinggung perasaan anda, ini hanyalah sekedar curhat saya aja tentang asesoris blog. 😀

  1. Tidak memasang flash object/ajax.

    Memasang flash object di blog, seperti jam, game atau asesoris yang menggunakan macromedia flash memang membuat blog kita (mungkin) akan terlihat lebih atraktif. Namun, semua pengunjung bisa melihat flash object yang anda pasang di blog anda. Misalnya saja pengunjung yang merambah blog anda dengan mobile browser. Atau juga pengunjung yang menggunakan koneksi internet yang lambat, akan kecewa mengunjungi blog yang mengandung object flash. Mereka menjadi kecewa karena lambatnya halaman blog kita terbuka karena loading flash object.

  2. Cermat dalam meng-Conversi ke Versi Mobile

    Membuat versi mobile blog anda memang hal yang positif dan mutakhir. Dengan begitu, artikel yang ada di blog anda menjadi enak dibaca, volume load pagenya jadi minimal. Namun hati-hati dalam mengkonversi blog anda dalam versi mobile. Jangan sampai fitur-fitur penting blog anda menjadi hilang hanya demi mobile version. Misalnya, navigasi blog yang kacau, tidak ada kolom komentar, dan sebagainya.

  3. Image Anti Spam

    Melindungi blog anda dari kode antispam merupakan suatu tindakan pengamanan yang baik. Namun bagi pengunjung yang menggunakan hp, dia akan kesulitan menginput data kode anti spam. Saya pribadi lebih suka menggunakan text saja dari pada gambar sebagai antispam. Jika Anda pengguna wordpress, anda bisa menggunakan plugin wp-num-captcha sebagai antispam saya :D. Intinya, jangan mengorbankan komunikasi kita dengan pengunjung blog hanya demi keamanan yang terlalu ketat.

  4. Tidak menambah tag alt pada gambar.
    Terkadang para netter mencari informasi cepat melalui hp. Untuk menghemat pulsa, terkadang kita lebih memilih untuk tidak menampilkan gambar pada web page. Nah, bagi blogger pemilik web, jika anda memasang image di blog, alangkah baiknya jika setiap gambar yang anda upload selalu menyertainya dgn alt tag pada gambar tersebut. Anda tentu sudah tau gunanya kan? 😉
  5. Blogspot oh Blogspot

    Walaupun saya juga pengguna setia blogspot/blogger.com, tapi saya tetap mengakui bahwa fitur komentar pada blogspot masih belum mobile friendly. Sekalipun sudah diembedd di bawah post dan tidak pop up lagi, tapi tetep aja susah 😀 . Yang sering pakai Opera Mini tentu tau rasanya gimana 🙂

Itu aja deh, ntar kalo ada gw tambah lagi.
WaRNinG: itu cuma uneg2 pribadi aja. Bisa jadi hanya saya aja yang ngalamin, bisa jadi pula juga terjadi pada orang lain.
Keputusan tetap ada di tangan anda, sang pemilik blog.

Silakan tambahkan jika yang saya sebutkan di atas masih kurang. Dan silakan tanya apa yang kurang anda pahami. Yang mau protes juga saya persilakan 🙂

by Syahuri. Posted from my phone using Opera Mini 4.2

Reblog this post [with Zemanta]

21 thoughts on “Tips Membuat Blog: Mobile Phone Friendly

  1. aya nggak menggunakan itu
    masih percaya sama akismet..
    hmm..artikel ini cenderung ke blogspot ya

    digital Media’s last blog post..Which countries best survived the Economic Crisis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *