Tips Mengakses phpMyAdmin

Beberapa hari ini saya memang sangat sering berinteraksi dengan CPanel dan phpMyAdmin, termasuk malam ini ๐Ÿ˜€ . Entah itu web punya sendiri atau punya teman. Tujuannyapun macam-macam. Ada yang untuk membuat database web baru, repair/modif, atau export import database.

Bagi para penggelut dunia webmaster, istilah phpMyAdmin, MySql, atau CPanel tentu sudah tidak asing lagi. Istilah-istilah ini benar-benar tidak bisa terpisahkan dari kehidupan para webmaster. Malam ini saya barusaja mendapat pengalaman baru yang menurut saya ini sangat luar biasa. Untuk pertama kalinya saya mencoba mengakses phpMyAdmin salah satu hosting saya melalui browser yang berbeda. Kalau biasanya saya mengakses internet menggunakan mozilla firefox (karena banyak semua data login saya tersimpan disitu), saya nyaris tidak pernah menggunakan browser lain selain Mozilla Firefox.

Tapi malam ini, karena satu dan lain hal saya terpaksa mencoba menggunakan browser Google Chrome, termasuk membuka phpMyAdmin :D. Entah kebetulan atau memang suatu kebenaran, saya merasa lebih nyaman menggunakan Chrome. Setidaknya jika dibandingkan dengan Firefox, diantaranya:

  1. lebih cepat saat mengeksekusi query SQL
  2. terdapat status upload di status bar (jadi kita tahu data upload kita sudah tertransfer berapa persen)

Pengalaman saya ini diperkuat oleh thread yang dibuat master ujang di forum Adsense-Id tentang Lebih Cepat Query SQL memakai Comodo Dragon (Google Chrome). Tapi saya sendiri belum mencoba menggunakan Comodo Dragon :D.

Oke dah… gitu aja curhat saya hari ini. Saya jadi ketagihan nih akses phpMyAdmin lewat Chrome, he he he.

Note:

  • mohon maklum dan koreksinya jika terdapat kesalahan istilah-istilah. Saya bukan belajar dari lembaga pendidikan, tapi otodidak dari baca-baca di internet dan pengalaman pribadi ๐Ÿ˜€
  • Jika ada tips dan trik lain tentang mengakses phpMyAdmin, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar. Insya Allah akan saya posting di atas :).

Terima kasih sudah membaca ๐Ÿ™‚

15 thoughts on “Tips Mengakses phpMyAdmin

  1. Maw nanya ne,,, aku mhoon bnget prtlongan nya.,.,
    Saya pake windows 7 64 bit, saya sudah install xampp nya, bahkan sudah bisa running.,.,., tpi kenapa jika saya mengakses http://localhost/phpmyadmin di browser mozilla tidak bisa.,.,, malah keluar kalimay ini ( PHP 5.2+ is required ).

    pliis tlong bntuan nya yaa, saya jadi tidak bisa menghosting ne.,. padahal web saya yang baru sudah saya buat sebagus mngkin.,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *